Tips Membeli Emas Bagi Kamu Yang Mau Mulai Berinvestasi

Logam mulia atau emas merupakan investasi yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Bagi Anda yang memiliki tujuan menengah atau jangka panjang, seperti menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi atau membeli rumah, investasi emas adalah kuncinya. Pasalnya, emas memberikan keunggulan, yaitu imbal hasil yang cukup menjanjikan minimal dalam jangka waktu lima tahun, mudah mencairkannya, dan harganya cenderung naik. Kalaupun turun, nilainya tidak signifikan.

Pada umumnya, emas yang beredar di pasaran berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Perbedaan harga keduanya tak terlalu jauh (emas UBS sedikit lebih rendah) dan kadar emangnya pun sama yaitu 99,99%. Hanya saja, emas Antam bersertifikat internasional dan diakui oleh London Bullion Market Association sedangkan emas UBS bersertifikat nasional dari PT UBS. Meski demikian harga buyback hampir sama.

Bagi Anda yang sudah mantap investasi emas, simak tips berikut ini agar Anda bisa mendapatkan harga emas terbaik.

Sudah memiliki penghasilan tetap bukan berarti masa depan Anda terjamin. Untuk menjamin agar masa depan Anda menjadi lebih baik, ada satu tindakan yang sebaiknya dilakukan sedari dini, yakni investasi. Berinvestasi apapun bentuknya, wajib dilakukan selagi Anda masih memiliki penghasilan tetap. Banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi saham, deposito, tanah, hingga emas. Jenis terakhir ini merupakan pilihan investasi yang tengah naik daun di masa pandemi Covid-19 ini. Ada beberapa cara investasi emas yang bisa dilakukan.

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Apa pasal? Karena emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan. Salah satu contoh adalah yang kini terjadi di masa pandemi Covid-19. Harga emas mengalami peningkatan yang signifikan. Kini emas diburu sebagai alat investasi sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara investasi emas.

Cara aman berinvestasi emas untuk pemula

Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum Anda mulai berinvestasi emas, pastikan Anda tahu apa yang Anda investasikan. Cara aman berinvestasi emas adalah dengan mengetahui tujuan investasi dengan baik. Ada banyak target yang bisa dijadikan target saat berinvestasi emas, entah itu untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi di hari tua.

Atau, misalnya, Anda telah menunjukkan bahwa dalam 10 tahun ke depan Anda akan berhenti bekerja dan memulai bisnis Anda sendiri. Kemudian pendapatan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan dalam emas. Jika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini, maka Anda akan lebih tahu berapa banyak emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara aman pertama berinvestasi emas untuk pemula.

Pantau evolusi harga emas secara teratur

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah dengan memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Banyak situs di internet yang menunjukkan evolusi harga emas setiap hari. Lalu ada juga aplikasi di ponsel yang bisa menunjukkan evolusi harga emas.

Apa tujuan Anda memantau perkembangan harga emas? Meski dikenal sebagai alat investasi paling stabil, emas terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian ketika harga emas tiba-tiba meroket, Anda juga memiliki opsi untuk menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yaitu dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun. Itulah cara kedua untuk berinvestasi emas.

Beli emas dari tempat yang Anda percaya

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah mengetahui di mana membelinya. Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk investasi. Namun sebaiknya Anda membeli emas dari tempat yang menjualnya secara resmi dan terpercaya. Resmi, yaitu menjual emas dengan menyertakan surat dan sertifikat karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia dengan cepat tetapi tidak termasuk dalam sertifikat. Hanya emas batangan.

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara berinvestasi emas adalah dengan membelinya di PT ANTAM. Anda bisa membelinya langsung di gerai emas di kantor PT ANTAM atau dari situs e-commerce yang resmi menjual emas PT ANTAM. Kemudian Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Baik BUMN maupun BUMD, sehingga penjualannya lebih bisa diandalkan.

Jangan terlalu mudah menjual Semula Emas Anda

Walaupun emas itu boleh dijual semula dengan mudah, tapi saya nasihatkan, seboleh bolehnya,jangan jual emas anda Ini kerana, kemungkinan besar, selepas anda menjual emas anda itu, anda mungkin sudah tidak dapat membeli emas itu semula dengan harga yang pernah anda beli suatu masa lalu.. ini kerana, harga emas sentiasa meningkat .  Jadi, jika anda ingin menjual emas anda, pastikan anda mempunyai tujuan yang betul-betul kukuh mengapa anda perlu menjualnya.  Tetapi, jika anda cuma terdesak nak pakai duit buat sementara waktu! Cara yang lebih baik..adalah dengan memajakkan emas tersebut! Dan bukan menjualnya! Itu lebih baik.

Published
Categorized as EMAS