Obligasi Sinar Mas Agro (SMAR) Meraih Peringkat Bagus

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA+ untuk Obligasi Berkelanjutan II/2021 Tahap III Seri A PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) senilai Rp 255 miliar yang akan jatuh tempo pada 1 Maret 2022.

Pefindo menyebut, bahwa perusahaan akan melakukan pembayaran atas obligasi yang akan jatuh tempo dengan menggunakan dana internal seperti tercatat posisi kas dan setara kas sebesar Rp 2,3 triliun pada akhir September 2021.

SMART menunjuk empat penjamin pelaksana emisi obligasi pada penerbitan kali ini. Keempat underwriter adalah BCA Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, dan Sucor Sekuritas.

Tanggal penjatahan obligasi akan jatuh pada 15 Oktober 2021. Distribusi obligasi secara elektronik dilakukan pada 19 Oktober 2021. SMART akan mencatatkan obligasi di Bursa Efek Indonesia pada 21 Oktober 2021.

Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan III SMART dengan target dana Rp 5 triliun. SMAR telah menerbitkan obligasi tahap pertama Rp 1,5 triliun pada Juni 2021.

Jadwal Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan SMART adalah sebagai berikut :

Masa Penawaran Umum : 13 – 14 Oktober 2021
Tanggal Penjatahan : 15 Oktober 2021
Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan : 19 Oktober 2021 Tanggal Distribusi Obligasi Secara Elektronik : 19 Oktober 2021 Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 21 Oktober 2021 Tanggal Pembayaran Bunga Pertama Obligasi : 19 Januari 2022

Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi :

PT BCA Sekuritas PT CIMB Niaga Sekuritas PT Sinarmas Sekuritas PT Sucor Sekuritas

Sebagai informasi saja, Perseroan dapat melakukan pembelian kembali obligasi dengan ketentuan pembelian obligasi kembali dengan harga pasar dimana pelaksanaan pembelian kembali obligasi dilakukan melalui Bursa Efek atau di luar Bursa Efek dan baru dapat dilakukan 1 (satu) tahun setelah tanggal penjatahan.

“Pembelian kembali obligasi tidak dapat dilakukan apabila hal tersebut mengakibatkan Perseroan tidak dapat memenuhi ketentuan-ketentuan di dalam perjanjian Gperwaliamanatan dan apabila Perseroan melakukan kelalaian (wanprestasi) sebagaimana dimaksud dalam perjanjian perwaliamanatan, kecuali telah memperoleh persetujuan RUPO. Perseroan mempunyai hak untuk memberlakukan pembelian kembali tersebut untuk dipergunakan sebagai pelunasan Obligasi Berkelanjutan III SMART Tahap II Tahun 2021 atau untuk disimpan dengan memperhatikan ketentuan dalam Perjanjian Perwaliamanatan dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,”imbuhnya.

Sinar Mas Agro merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit terintegrasi, yang memiliki operasional di segmen hulu dan hilir dari industri kelapa sawit. Areal perkebunan perusahaan berlokasi di Sumatera dan Kalimantan dengan total luas tanam termasuk plasma sekitar 137.004 hektare (ha).

Kegiatan hilir termasuk pengolahan minyak kelapa sawit dengan total kapasitas tahunan sekitar 2,88 juta ton yang memproduksi produk olahan seperti olein dan stearine. Kedepannya, perusahaan akan mempunyai fasilitas produksi pengolahan biodiesel dan oleokimia.

Perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan PT Purimas Sasmita sebagai pemilik terbesar memegang 92,4% kepemilikan. PT Purimas Sasmita adalah holding company yang dimiliki oleh Golden Agri Resources Ltd. Sebagian lain dari saham SMAR dimiliki oleh publik.

Published
Categorized as SAHAM